Yup, Menulis Itu Penting! (Part 2)

Pada postingannya sebelumnya, saya sudah menceritakan mengenai apa yang membuat saya termotivasi untuk aktif dalam dunia penulisan.

Sekarang saya akan melanjutkan mengenai beberapa hal yang telah disampaikan oleh Bang Umarat. Kedatangan beliau kali ini tidak lain tidak bukan adalah untuk sharing kepada kami semua tentang pentingnya menulis. Pengalaman beliau yang sudah lama berkecimpung didunia penulisan membuat kami tambah bersemangat untuk mendengarkan segala masukan dan nasehat dari beliau. Menurut beliau ada beberapa hal yang membuat kita harus menulis. Berikut poin-poin pentingnya:

  1. Menunjukan keahlian
  2. Perpanjangan resume CV
  3. Track record akan memperlihatkan tulisan kita
  4. Membuat kita selalu update
  5. Tempat memamerkan ide
  6. Melatih kreativitas
  7. Memperluas kreativitas
  8. Memperlihatkan passion
  9. Mengangkat image (pencitraan)
  10. Melatih disiplin
  11. Bikin ngetop
  12. Berbagi bikin happy
  13. Mendapatkan uang
  14. Melatih bikin super-team

Selain hal diatas, beliau juga menjelaskan mengenai langkah-langkah dalam menulis. Langkah menulis menurut beliau adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan jenis dan segmen yang ingin dicapai
  2. Buat outline
  3. Buat deadline
  4. Siapkan referensi
  5. Tulis,tulis, dan tulis
  6. Review
  7. Minta testimony
  8. Publish

Perlu diingat juga bahwa dalam dunia penulisan, kita tidak akan selalu mendapatkan ide-ide untuk menulis. Akan ada suatu waktu dimana para penulis mengalami yang namanya writers block, situasi dimana penulis dalam keadaan mentok, dengan kata lain ide tak muncul. Sebenarnya banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi situasi seperti ini. Dalam situasi seperti ini, perlu disadari bahwa ide untuk menulis itu datang dari mana saja, bahkan suatu waktu kita perlu mencari suasana baru untuk menulis seperti jalan-jalan, mengunjungi tempat wisata, dan lain-lain.

Diakhir, beliau juga menyemangati kami semua untuk aktif menulis diberbagai media cetak dan elektronik. Dalam menulis, coba selang seling dalam paragraf penulisan, kadang panjang dan kadang pendek. Hal ini dimaksudkan agar tulisan kita tidak terkesan membosankan. Selain itu yang paling penting adalah jangan sampai memaksakan kehendak kita sendiri dalam menulis, seperti kata-kata “pokoknya”. Orang akan tidak suka membaca tulisan-tulisan seperti ini.

Jadi, bagaimana teman-teman2? Apakah kamu juga tertarik untuk menulis?

Dengan penjelasan diatas, semoga bisa memotivasi. Yakinlah, banyak manfaat yang bisa kita dapat dengan menulis. Apapun yang terlintas dipikiran, jangan lewatkan begitu saja. Ini saatnya kita menulis.. Ayooo, what r u waiting for? Lets write something!

Selamat Mencoba!

download

One thought on “Yup, Menulis Itu Penting! (Part 2)

  1. Pingback: Yup, Menulis Itu Penting! (Part 1) | malindo's titanium blog

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s